Review Menyusuri Garis Bumi

review buku menyusuri garis bumiMenyusuri Garis Bumi
Catatan Perjalanan dari Gunung ke Gunung,
dari Lembah ke Lembah

Penulis        : Clement Steve
Format        : Soft Cover
Penerbit      : Grasindo
Bahasa        : Indonesia
Cetakan I    : Oktober 2014
Tebal           : 378 Halaman









Melihat judulnya saja membuat saya penasaran mengenai isi buku ini, maklumlah,saya dulu-- dulu sekali-- atau tepatnya jaman dahulu kala, saya pernah punya pengalaman naik gunung bersama teman kuliah. Saya ikut naik gunung waktu itu juga karena saya tertarik dengan cerita teman kuliah yang sudah dari SMA suka mendaki, entah berapa gunung yang telah ia daki. Dari cerita dan dokumentasi fotonya pas lagi "muncak" itu keren banget. Seperti berada di atas awan.

Ternyata sang penulis buku ini, Clement Steve, juga memiliki keinginan untuk mendaki gunung dikarenakan sering melihat kakaknya, Billy, yang hampir tiap minggu berangkat "muncak" bersama teman-temannya. Hingga pada suatu hari Clement Steve atau Tepi - sapaan akrab bagi teman - teman dekatnya, diperbolehkan ikut naik gunung bersama kakak dan teman-temannya. Waktu itu ia masih SMP tahun 1969. Gunung yang dituju adalah Gunung Gede.

Meskipun akhirnya tidak sampai puncak Gunung Gede, namun Ia bertekad akan kembali nanti untuk sampai ke puncaknya. Dari pengalaman itulah Ia seperti "ketagihan" untuk mengembara dari satu gunung ke gunung lainnya, dari satu lembah ke lembah lainnya.

Dari sekian banyak cerita mengenai pengalamannya dalam menjelajah gunung di seantero nusantara, hal yang paling menonjol adalah keramahtamahan penduduk sekitar dalam menerima para pendaki yang numpang istirahat, tetapi tuan rumah memberikan pelayanan lebih kepada tamunya, ibarat kata, tamu adalah raja.

Cerita dalam buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata sang penulis, segenap detail yang diceritakan terasa begitu komplit seakan-akan baru kemarin ia melakukan petualangan-petualangan yang dahsyat itu. Padahal Steve, saat perjalanan tersebut, hanya mencatat sekedarnya saja, itupun dicatat hanya sampai 1974. Selebihnya, sampai ke perjalanan bertahun-tahun setelah itu, ia hanya mengandalkan ingatannya saja. Papar Ariana Peggy- teman seperjuangan Steve.

Buku ini layak dibaca oleh siapapun yang tertarik dengan petualangan-petualangan seru di alam terbuka. penasaran dengan cerita menarik yang ditulis dalam buku ini? segera miliki buku ini yang berjudul " Menyusuri Garis Bumi, Catatan Perjalanan dari Gunung ke Gunung, dari Lembah ke Lembah" karangan Clement Steve. Selamat berburu  :p



Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Flying House, Rumah Unik di Korea Selatan

30 Iklan Kreatif Majalah

Asal-Usul Charger