Efek Susu Berlebih

Semua orang pasti setuju dengan mengonsumsi susu dapat menyehatkan badan. Iklan di televisi juga mengampanyekan hal yang sama, membuat semua orang menjadi yakin bahwa susu memang menyehatkan. Namun apakah anda tahu efek kesehatan jika mengonsumsi susu secara berlebihan? Memang benar bahwa susu dan berbagai produk olahannya mengandung kalsium, tetapi hanya sampai batas tertentu.

Salah satu fungsi dari Kalsium adalah membantu menjaga tulang tetap kuat. Tulang dalam tubuh kita selalu tumbuh dan diperbaiki secara teus menerus. Ini berarti tubuh membutuhkan sejumlah kecil kalsium dan setiap waktu perlu menggantinya dengan kalsium baru.

Namun apa jadinya jika tubuh kita mendapatkan kalsium berlebih? Tentunya akan berakibat pada gangguan kesehatan kita. Simak beberapa resiko yang ditimbulkan akibat mengonsumsi produk susu berlebih berikut ini.

Membahayakan Tulang


Banyak orang percaya mengonsumsi produk susu dengan kadar tinggi memiliki berbagai manfaat, salah satunya menyehatkan tulang. Hal ini perlu diluruskan karena sejumlah studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi produk susu justru meningkatkan risiko patanh tulang sebesar 50 persen. Osteoporosis atau tulang keroopos dapat dihindari dengan daun hijau, sayuran dan buah-buahan.

Risiko Penyakit Kardiovaskuler


Beberapa produk susu seperti susu krim, es krim, mentega, keju dan yoghurt kaya akan kandungan lemak. Salah satu risiko kesehatan dari mengonsumsi produk susu adalah penyakit jantung, Ini murni karena kandungan lemak yang ada di dalamnya menyebabkan produk susu tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Obesitas


Kandungan lemak yang tinggi dalam produk-produk olahan susu juga mamapu membuat berat badan anda meningkat dengan cepat, apalagi jika anda mengonsumsinya dengan berlebihan.

Alergi


Alergi juga dapat menjadi efek mengonsumsi produk susu terlalu banyak. Masalah sinus, Infeksi telinga, sembelit kronis, disentri dan anemia pada anak-anak adalan beberapa alergi yang terjadi akibat konsumsi produk susu.

Kanker


Anda berada pada risiko yang lebih tinggai untuk mengidap kanker ketika anda mengonsumsi produk susu secara berlebihan. Ini karena pertumbuhan insulin yang disebut juga IGF menjadi lebih tinggi. Orang dengan kadar IGF tinggi memiliki hampir empat kali risiko kakner payudara dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar IGF rendah.

Diabetes


Diabetes insulin atau yang disebut juga diabetes tipe 1 adalah efek lain yang dapat terjadi jika anda terlalu banyak mengonsumsi produk susu. Ini pada dasarnya juga berkaitan dengan terlalu banyak konsumsi susu selama masa kanak-kanak.

Jadi mulai sekarang janganlah mengonsumsi susu secara berlebihan meskipun sebenarnya susu itu menyehatkan. Tidak hanya susu, semua yang berlebihan juga sifatnya merugikan diri sendiri juga. Imbangi kebutuhan gizi anda dengan 4 sehat 5 sempurna. Jadi jangan hanya susu saja, tapi 4 pendukung lainnya juga harus menjadi asupan gizi anda.




sumber: http://life.viva.co.id/news/read/580987-tak-selamanya-susu-baik-untuk-tubuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Flying House, Rumah Unik di Korea Selatan

30 Iklan Kreatif Majalah

Asal-Usul Charger